test word

Permanent URI for this collection

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 17 of 17
  • Item
    Jaka dan Naga Sakti
    (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016) Fasa, Dina Alfiyanti
  • Item
    NETIQUETTE: ETIKA JEJARING SOSIAL GENERASI MILENIAL DALAM MEDIA SOSIAL
    (Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 2018-06-13) Fahrimal, Yuhdi
    Lompatan tinggi pengguna internet dan media sosial telah menyebabkan resistensi terhadap nilai-nilai sosial yang berlaku di masyarakat, yaitu, etika dan moral. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan pelanggaran etika dalam media sosial khususnya yang dilakukan oleh generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literatur review. Pendekatan ini bertujuan untuk menemukenali teori dan konsep netiquette yang akan dikomparasikan dengan beragam fenomena pelanggaran etika di media sosial. Etika di ruang siber (netiquette) berbeda dari bentuk etika lainnya, sama seperti aturan etika di dunia nyata, netiquette juga mendorong para pengguna untuk taat pada aturan etis dan moral untuk menciptakan ruang bersama yang nyaman, tentram, dan damai. Generasi milenial diharapkan tetap harus membatasi diri dengan sekat nilai, norma dan aturan kemanusiaan layaknya berinteraksi di dunia nyata
  • Item
    Ayahku (Bukan) Pembohong
    (PT Gramedia Pustaka Utama, 2011-04) Liye, Tere
    Kapan terakhir kali kita memeluk ayah kita? Menatap wajahnya, lantas bilang kita sungguh sayang padanya? Kapan terakhir kali kita bercakap ringan, tertawa gelak, bercengkerama, lantas menyentuh lembut tangannya, bilang kita sungguh bangga padanya? Inilah kisah tentang seorang anak yang dibesarkan dengan dongeng-dongeng kesederhanaan hidup. Kesederhanaan yang justru membuat ia membenci ayahnya sendiri. Inilah kisah tentang hakikat kebahagiaan sejati. Jika kalian tidak menemukan rumus itu di novel ini, tidak ada lagi cara terbaik untuk menjelaskannya. Mulailah membaca novel ini dengan hati lapang, dan saat tiba di halaman terakhir, berlarilah secepat mungkin menemui ayah kita, sebelum semuanya terlambat, dan kita tidak pernah sempat mengatakannya.
  • Item
    Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19
    (ANUVA: Jurnal kajian budaya, perpustakaan dan budaya, 2020) Irhandayaningsih, Ana
    Pandemi COVID-19 mengubah proses pembelajaran yang menjadi berbasis daring. Kompetensi literasi digital memiliki hubungan erat dengan pelaksanaan pembelajaran daring, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat literasi digital pada peserta pembelajaran daring. Salah satu acuan untuk melakukan pengukuran tingkat literasi digital adalah Konsepsi Bawden, yang membagi kompetensi literasi digital pada empat aspek. Penelitian ini menunjukkan responden memiliki tingkat literasi digital yang tinggi jika diukur menggunakan Konsepsi Bawden. Pada aspek kemampuan dasar literasi digital, seluruh responden mampu terhubung ke platform untuk mengikuti pembelajaran daring, dan mampu menggunakan teknologi worksheet untuk menuliskan artikel tugas sesuai format yang ditentukan. Pada aspek kedua, latar belakang pengetahuan informasi, hampir seluruh responden mampu mencari suplemen pembelajaran dalam bentuk artikel referensi dan menemukan relevansinya berdasarkan abstrak dari artikel tersebut. Pada aspek ketiga, kompetensi utama literasi digital, sebagian besar responden mampu mengutip bagian yang relevan untuk menyusun artikel tugas,serta mampu membandingkan isi dari beberapa artikel referensi. Pada aspek sikap dan perspektif pengguna informasi hamper seluruh responden mampu menuliskan sitasi dan menyusun daftar pustaka untuk artikel referensi.
  • Item
    Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan Dengan SLIMS
    (Khizanah Al-Hikmah, 2013) Azwar, Muhammad
    Currently, information age encourages every organization to implement technology for its own convenience. Library as one of the professional institutions, develop automation systems as one application of the technology. The using of Free Open Source Software (FOSS) is growing in IT world because it has some advantages. Many organizations including the libraries choose to use FOSS. Senayan Library Management System or SLiMS is a web-based FOSS that can be used to build the library automation system . SLiMS has many advantages for the library automation systems. SLiMS is widely used in various types of libraries both in Indonesia and abroad. It has a great power in the SLiMS community that formed an important role in almost every city in Indonesia. Kata kunci : Free Open Source Sofware (FOSS), Sistem otomasi perpustakaan, Senayan Library Management System (SLiMS).
  • Item
    Web 3.0: Teknologi Web Masa Depan
    (Universitas Nurtanio Bandung, 2011-10) Prasetiadi, Ananto
    Seperti yang telah kita ketahui bersama, perkembangan teknologi internet semakin pesat akhir-akhir ini. Di masa yang akan datang, diprediksi bahwa akan terbentuk generasi baru dari web, yaitu Web 3.0. Berbeda dengan teknologi web yang ada sekarang, internet akan semakin pintar pada Web 3.0. Bahkan, browser pada Web 3.0 dapat menjadi asisten pribadi kita yang dapat membantu pencarian informasi di dunia maya. Dalam tulisan ini, akan dibahas mengenai Web 3.0, yaitu sejarah perkembangannya, tren teknologi, serta tantangan ke depannya.
  • Item
    Digital Libraries and Technical Distance Education
    (2021) Osorio, Nestor L.
    Abstract ? In this paper the author summarizes main aspects of distance education in engineering, its availability, and teaching and learning issues as well as its benefits and limitations. Next, the concept of Digital Libraries as a support element for distance education is introduced. Gateways to technical information are described, and a list of E&T electronic resources are presented. The development of digital collections as an integral part of the teaching-learning process is discussed, and some new integrated tools such as the digital reference desk is presented. Finally, some of the concerns about digital libraries are analyzed.
  • Item
    Dasar Negara PANCASILA
    (PT Kanisius, 2015)
  • Item
    Pengantar Ilmu Perpustakaan
    (PT Gramedia Pustaka Utama, 1991)
  • Item
    Peningkatan Minat dan Budaya Membaca Melalui Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Keluarga
    (Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas YARSI, 2019-04-05) Kurnianingsih, Indah; Rosini; Chusri, Sri; Wardiyono
    Salah satu cara menginternalisasikan minat baca di lingkungan keluarga adalah dengan memiliki koleksi buku-buku keluarga yang disediakan di rumah sesuai karakteristik kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Kepemilikian koleksi buku keluarga tersebut perlu dikelola agar fungsi dan tujuan perpustakaan keluarga sebagai sumber informasi dapat tercapai. Manfaat lain pengelolaan perpustakaan keluarga ini adalah kemudahan dalam mencari buku yang diinginkan. Ruang lingkup dari materi kegiatan pengabdian ini meliputi: strategi meningkatkan minat baca keluarga, ide-ide baru tentang konsep desain dan pemanfaatan ruang perpustakaan keluarga, cara mengolah dan merawat koleksi, serta demo pemanfaatan teknologi informasi dalam perpustakaan keluarga melalui open source SLiMS. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pelatihan diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata peserta dalam soal uji test terkait cara klasifikasi sederhana koleksi perpustakaan adalah adalah 83,8 dan terdapat 5 peserta mendapatkan nilai 100. 72 % peserta menunjukkan keinginan untuk menata dalam konsep perpustakaan keluarga yang nyaman dan menarik. Sebanyak 95% peserta menjawab pelatihan yang diberikan bermanfaat serta 98% peserta menjawab materi pelatihan ini relevan dengan kebutuhan peserta. Diharapkan pelatihan pengelolaan perpustakaan keluarga bagi pengurus dharma wanita kementrian keuangan republik Indonesia ini dapat semakin meluas untuk dilaksanakan di berbagai elemen masyarakat sebagai salah satu strategi dalam mewujudkan gerakan literasi dari keluarga.
  • Item
    Perkembangan Android dan OS Smartphone lainnya
    (Ghaza Al Ghifari, 2021-09-14) Al Ghifari, Ghaza; Al Ghifari, Ghaza
    Siapa sih yang tidak asing dengan Android yaitu System Operasi Smartphone yang saat ini sudah menjadi teknologi yang paling banyak digunakan pada semua perangkat smarthphone di seluruh dunia. OS pada setiap Smartphone membantu manusia untuk meringankan dan mempermudah pekerjaan sehari-hari. Seperti mengirim pesan secara cepat, teleponan, bahkan membantu untuk mengerjakan sesuatu yang sulit dengan adanya panduan-panduan di internet seperti tutorial penggunaan Microsoft access. didalam Smartphone terdapat Perangkat-perangkat penting untuk membantu jalannya proses kerja smartphone. Perangkat keras seperti display layar, kamera, baterai, dan sebagainya. Adapun perangkat lunak seperti aplikasi, program, dan sistem operasi.nah lalu apa saja system operasi yang ada di smarthphone berikut penjelasannya.
  • Item
    Mengenal Android dan Sistem Operasi Smartphone lainnya
    (Ghaza Al Ghifari, 2021-10-14) Al Ghifari, Ghaza; Al Ghifari, Ghaza
    Siapa sih yang tidak asing dengan Android yaitu System Operasi Smartphone yang saat ini sudah menjadi teknologi yang paling banyak digunakan pada semua perangkat smarthphone di seluruh dunia. OS pada setiap Smartphone membantu manusia untuk meringankan dan mempermudah pekerjaan sehari-hari. Seperti mengirim pesan secara cepat, teleponan, bahkan membantu untuk mengerjakan sesuatu yang sulit dengan adanya panduan-panduan di internet seperti tutorial penggunaan Microsoft access. didalam Smartphone terdapat Perangkat-perangkat penting untuk membantu jalannya proses kerja smartphone. Perangkat keras seperti display layar, kamera, baterai, dan sebagainya. Adapun perangkat lunak seperti aplikasi, program, dan sistem operasi.nah lalu apa saja system operasi yang ada di smarthphone berikut penjelasannya.
  • Item
    test5
    (2020-11-12) Chu, YC
  • Item
    test4
    (2020-11-12) Chu, YC
  • Item
    test3
    (2020-11-12) Chu, YC
  • Item
    test2
    (2020-11-12) Chu, YC
  • Item
    test1
    (2020-11-12) Chu, YC